Sabtu, 28 November 2009

Asia Day!!

Asia Day datang!

Di sekolahku, semua anak kelas 6 mengikuti sebuah acara bernama Asia Day. Semuanya harus memakai baju tradisional Asia! Ada narasumber, dan kami diminta meminjamkan oleh-oleh khas dari seluruh Asia..

Asia Day kali ini diadakan pada hari Selasa, 24 November 2009. Aku bingung mau memakai baju apa. Kata Bu Guru, harus memakai baju khas dari salah satu daerah Asia dan kami disarankan memakai baju sesuai tema kelompok. Kelompokku adalah Asia Barat.

Hmm, aku mulai mengaduk-aduk isi lemari baju Ayah-Bundaku seminggu sebelum acara untuk mencari baju khas Asia Barat. Salah satu negara di Asia Barat adalah Arab, jadi aku mulai mencari baju khas Arab, putih-panjang dengan kerudung dan cadar.
2 jam lamanya aku mengobrak-abrik, tapi tak ada baju yang menurutku cukup bagus. Akhirnya aku menyerah dan akan memikirkan lagi kostum apa yang akan kupakai.

Selama beberapa hari aku lupa dengan Asia Day. Tapi sehari sebelum acara aku mendapat ide bagus!

Esoknya aku berusaha menahan mulutku agar tidak menyebut-nyebut Asia Day pada Bunda, karena aku tahu pasti Bunda tidak setuju dengan ide kostumku. Yah, akhirnya aku berangkat sekolah dengan baju biasa.

Saat mobil jemputanku menjemput salah satu temanku, aku sangat kagum hingga bertepuk tangan. Dia memakai yucata yang indah, baju khas Jepang!
Begitu juga saat aku sampai di sekolah. Teman-temanku tampil warna-warni dalam baju-baju indah, kebanyakan dari Jepang dan Korea. Semuanya menyewa, tentu saja, dengan harga yang mahal. Sementara aku malas menyewa, tapi kan yang penting pakai baju sesuai tema!

Saat aku sudah sampai di kelasku, aku tak usah repot-repot mengganti baju. Teman-temanku menonton dengan penasaran, kira-kira baju apa yang akan aku pakai.

Dan.. aku mengeluarkan MUKENAku! Aku juga mengeluarkan sesuatu yang kutemukan di lemari Bunda, sesuatu seperti kain coklat dengan lubang di tengahnya. Pinggiran lubang itu dilapisi karet sehingga aku bisa memakainya seperti cadar.

Jadi, mula-mula aku memakai 'cadar'-ku, dan baru mukenanya. Teman-temanku tertawa geli melihat penampilanku.. Hihihi, memang lucu sih... Bahkan om janitor dan guruku ikut tertawa!

Dan, acara dimulai! Mula-mula, guru-guru menata berbagai macam souvenir khas negara-negara Asia yang dibawa teman-temanku di atas meja. Kedutaan Jepang dan Korea meminjamkan beberapa souvenir juga lho! Hehe, aku lupa membawa souvenir.. terlalu sibuk memikirkan kostum!

Acara kedua, seorang narasumber dari Jepang datang dan berbicara. Mula-mula ia memperkenalkan diri, lalu mengenalkan berbagai pakaian Jepang. Ada 3 jenis : Kimono, Yucata, dan satu lagi yang aku lupa, hehehe... Ciri-ciri kimono adalah memiliki lengan yang besar dan orang Jepang biasa memasukkan berbagai benda kecil ke dalamnya! Persis seperti tas! Hehehe... menyelundupkan kucing juga bisa, dong?

Teman-temanku yang mengenakan baju Jepang disuruh maju ke depan dan Miss Yuko, narasumber dari Jepang itu menjelaskan. Hihihi, ada yang memakai baju santai, baju tidur, bahkan baju pernikahan! Untung nggak ada orang Arab yang datang, soalnya pasti dia bingung aku pakai baju apa!

Ternyata, salah satu temanku salah. Dia memakai baju Korea tapi ikut maju ke depan.. kasihan.. pasti dia malu sekali!

Selanjutnya Miss Yuko mau menggambar Doraemon sambil bernyanyi. Wah, suaranya Miss Yuko lumayan.. Meskipun gambarnya agak mencong sedikit, tapi nggak apa-apalah!

Istirahat! Wah, kami semua yang sudah lapar langsung ngiler melihat makanan-makanan yang disediakan.. Semuanya dari berbagai negara Asia. Ada teh tarik, tom yam, dll. Dan... serbu!!
Saat yang kutunggu-tunggu datang.. waktunya untuk mementaskan drama! Meskipun kelompokku masih harus menunggu agak lama sebelum bisa tampil, tapi drama kelompok-kelompok lain cukup menghibur!

Setelah menunggu lagi, kelompokku akhirnya tampil...
Di drama kami, mula-mula ada 2 anak perempuan yang sedang berjalan ke sekolah. Mereka membicarakan tentang teror bom yang terjadi di sekitar rumah mereka.
Nah, saat itulah ada 2 kelompok yang tiba-tiba bertempur di dekat mereka. Aku satu-satunya perempuan di antara orang-orang yang sedang bertempur itu lho! Tapi, akhirnya semuanya mati, termasuk 2 anak perempuan tadi. Kami semua jatuh di belakang panggung sehingga tidak terlihat oleh penonton..
Setelah semuanya mati, Hazmi datang sebagai anak dari orang yang mati saat pertempuran tadi sekaligus teman dari 2 anak yang mati. Dia menangis sambil mengucapkan dialog yang sudah disiapkan.. Hihihi, meskipun setting-nya menyedihkan tapi ia terlihat lucu! Apalagi dia iseng mengguncang 'mayat-mayat'.. Untunglah kami yang 'mati' tidak terlihat oleh penonton, soalnya kami terkikik-kikik geli!
Sementara Hazmi menangis, Aldy masuk dan membaca puisi. Ketika ia selesai, Sella masuk lalu menyanyikan lagu 'Heal the World'-nya Michael Jackson.
Saat sampai di bait kedua, semua mayat bangun dan ikut menyanyi! Hihi, karena kertas teksnya cuma dua dan kami tidak hafal beberapa nada, akhirnya hancurlah nyanyian itu... Yah, namanya juga nyanyian orang mati.. hehe.
Fiuuh, akhirnya selesai juga drama yang sangat singkat dan simpel itu.. Nggak terlalu sukses tapi yang penting sudah berani tampil!

Setelah beberapa drama lain, tibalah waktu makan siang. Kebanyakan temanku mengeluh, "Bu, tadi kan baru aja makan.. kenyang..."
Tapi kami semua tetap kembali ke kelas untuk makan siang. Sebagian besar temanku, termasuk aku, tidak makan siang dan malah bermain. Aku agak curang, aku mengambil rantang dan hanya mengambil kue dan kerupuk saja! Hehehe, nggak apa-apalah, kan mendingan ada yang kumakan!

Setelah makan siang dan sholat Zuhur, kami kembali ke lantai 3.

Wah, sekarang pengumuman kostum terbaik! Ini juga acara yang sangat kunantikan. Teman-teman di sekitarku sudah meyakinkanku bahwa aku akan menang. Aku sendiri sudah cukup yakin, tapi aku tidak ingin terlalu yakin.
"Pemenang kostum terbaik akan ada 4 orang.."
"Rara..! Rara..!" ya ampun, beberapa teman-temanku berteriak-teriak meneriakkan namaku!

Tapi aku memang dipanggil, dan aku maju ke depan dengan pede dan penuh gaya. Hihihi... Setelah aku naik panggung, guruku mengumumkan bahwa pemenang lainnya adalah Astrid, Reyhan dan Yumna. Astrid memakai kostum Korea yang sangat bagus, aku nggak heran dia menang.. Reyhan mengenakan kostum Arab juga, dengan kain yang sangat membuat gerah. Sementara Yumna mengenakan baju batik dengan blangkon buatan sendiri yang membuat dia diejek Djoko!
Mulanya guru-guru bermaksud untuk meminta kami mempresentasikan hasil kerja kami tentang bagian-bagian Asia, tapi semua hasil kerja kami ada di laptop guruku dan saat itu lampu mati. Sehingga alat-alat yang diperlukan tidak bisa menyala..

Akhirnya, kami bermain sebuah game.
"Ayo buat kelompok 3 orang, 1 ikhwan (laki-laki) 2 akhwat (perempuan) atau sebaliknya!" guruku berteriak pada anak-anak kelas 6 yang ribut. Aku membuat kelompok dengan 2 anak laki-laki.
"Sekarang, buat lingkaran!" guruku berkata lagi. Aku dan kelompokku berdiri berdekatan.
"Nah tentukan yang jadi induk.."
"Hah?!" serempak teman-temanku dan aku berseru.
"Yang jadi induk harus akhwat dan bersura uu.. uu.. uu.."
Langsung terdengar suara itu ditirukan. Lalu ada pejantan, suaranya oo. Dan anak suaranya ii. Hihihi, langsung ribut!
Setelah itu, kami disuruh membuat kelompok baru lagi tapi hanya boleh menggunakan suara u, o, dan i untuk mengenalkan diri. Sekali lagi, aku membuat kelompok dengan 2 anak laki-laki yang berbeda.
"Oke, gamenya selesai!" kata guruku dengan tampang geli.
"Lho, Pak??!! Cuma begitu saja??!!"
Ada-ada saja guruku ini! Hihihi..

Lalu kami membuat sebuah lingkaran besar dan diminta berdiri berurutan untuk memberikan pendapat kami. Anak yang sudah berdiri akan diberi buku kecil tentang Korea. Ada yang bilang acaranya sudah seru, tapi gamenya harus lebih banyak. Ada yang bilang narasumber harus ditambah. Dan anak disebelahku kusuruh bilang agar tahun depan listrik tidak boleh mati supaya adik-adik kelas kami tidak gerah.
Hehe, aku iseng ya! Padahal kan jelas-jelas listrik mati bukan salah guruku.. Eh, tahunya dia benar-benar bilang begitu!
Acara menyampaikan opini itu sebenarnya membosankan, tapi anak-anak menyemarakkannya dengan mengejek orang yang sedang berdiri untuk menyampaikan pendapat! Misalnya A suka sama B, lalu si B berdiri untuk menyampaikan pendapat. Maka B akan diejek, " Ingat A! Ingat A!"
A sendiri diejek, "Siapa tuh A.."
Hahaha.. acara jadi seru! Apalagi saat ada anak yang tidak menyukai atau disukai siapapun, anak itu akan diejek dengan nama Fadhil! Tak peduli anak yang berdiri itu laki-laki atau perempuan, nama Fadhil akan disebut.. diiringi teriakan protes dari Fadhil!

Yah, setelah semua dapat bagian dan anak-anak sudah capek berteriak, kami berdo'a dan pulang. Fiuuh.. selesai juga acaranya!

I love Asia Day very, very, very much! :D

5 Komentar:

Blogger "the princess blue shafa" mengatakan...

wau keren ya! kakak bukannya penulis KKPK (kecil-kecil punya karya)?

12 Agustus 2010 pukul 08.26  
Blogger Amelia "Mele" RD mengatakan...

rara!!! i don't believe you write this moment on your blog... this is a beautiful moment!!!

19 November 2010 pukul 13.50  
Blogger Amelia "Mele" RD mengatakan...

I WAITIN' YOU..,MY FRIEND...

seseorang membersihkan lapangan..
aku disini!! teriakku
tapi dia tidak mendengarnya..
dan pergi meninggalkanku..

anak-anak bermain disini..
apa kalian dapat melihatku? tanyaku
mereka terus bermain..
bahkan melempariku bola..

seorang gadis yang sebaya denganku
melangkah masuk ke lapangan..
apa kau melihatku? tanyaku
gadis itu hanya mengangguk..
kemudian dia duduk disampingku..

apa yang kau tunggu?? tanyanya..
..aku menunggu seseorang..
jawabku singkat..
siapa? tanyanya lagi
aku hanya tersenyum..

temanku....


made in by: deja vu girls
Amelia rahmah dini

--19 NOVEMBER 2010-6.45 AM--

19 November 2010 pukul 14.00  
Blogger Rara mengatakan...

shafa : hehe, makasih ya pujiannya ^^
iya, aku penulis KKPK... :)

amel : bagus nian puisi kau my friend.... :')
makasih banyak yaa... kirim ke majalah atau koran dong puisinya, bagus banget! Atau kamu bikin buku puisi, terus kirim ke penerbit... ntar kalo udah jadi kirimin ke aku, oke? ;D

18 Desember 2010 pukul 12.26  
Blogger ica mengatakan...

wahh..maaf bukan mengejek..tapi,tulisan pada blog ini tidak terbaca

29 Januari 2013 pukul 18.03  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda